Alat Musik Tradisional Afrika


UDU


Udu adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan berasal dari NigeriaAfrika. Sebetulnya, udu merupakan sebuah bejana yang memiliki lubang di salah satu sisinya dan digunakan untuk menyimpan air dan makanan. Namun, berfungsi sebagai tempat penyimpanan, kini udu juga dipakai sebagai salah satu instrumen musik utama di berbagai negara di Afrika Udu terbuat dari tanah liat maupun bebatuan. Umumnya udu yang terbuat dari tanah liat menghasilkan suara yang lebih bagus, namun mudah hancur karena rapuh. Kini udu cukup terkenal di luar Afrika, dan telah mengalami berbagai inovasi sehingga menghasilkan ragam suara yang lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan udu tradisional.



KALIMBA

Kalimba atau disebut juga thumb piano (piano jempol) adalah alat musik jenis perkusi versi modern dari alat musik tradisional afrika, mbira.









MBIRA
             Dalam musik Afrika , yang mbira (juga dikenal sebagai Likembe, Mbila, piano Thumb ,Mbira Huru, Mbira Njari, Mbira Nyunga Nyunga, Karimbao atau Kalimba ) adalah alat musik yang terdiri dari papan kayu yang terhuyung kunci logam telah terpasang.  Di Afrika Timur dan Selatan ada banyak jenis mbira, biasanya disertai oleh hosho . Mbira biasanya diklasifikasikan sebagai bagian darilamellaphone keluarga. I Di beberapa tempat juga dikenal sebagai sanza atau Sansa. 


MARAKAS
Marakas atau dalam bahasa asing disebut Maracas, Maracax'a, Maraca' Mbara'ka, di kategorikan sebagai alat musik perkusi. Pada masa lalu instrumen ini dimainkan secara tunggal, sebagai media penyembuhan dalam banyak prosesi ritual hampir di seluruh Afrika, Amerika Selatan dan Karibia. Marakas termasuk dalam jenis perkusi idiophones atau autophones dan juga merupakan salah satu bagian penting dari musik Cuba, Salsa, Rumba, Charanga dan Trova Ensemble. Jenis alat musik ini hampir dapat ditemukan di seluruh dunia. Dalam Big Band dan Orkestra biasanya menggunakan alat musik ini, itu dikarenakan pengaruh dari berbagai musik Latin.


JIMBE, ALAT MUSIK TRADISIONAL YANG MENDUNIA
Jimbe atau Djembe adalah merupakan salah satu alat musik perkusi ritmik yang populer di dunia masa kini.  Menurut salah seorang penelti alat musik, jimbe adalah hasil kreasi orang di Sierra Leone, Afrika. Cikal bakal jimbe adalah Sangba dan  memang benar dari tempat alat musik ini berasal ternyata penyebarannya tidak menyeluruh di benua Afrika. Ada banyak nama untuk alat musik berjenis seperti ini, di antaranya sangba, yimbei, jimberu, bata, tapoi dan lainnya. Masing-masing dari alat musik ini dimainkan oleh kelompok-kelompok, orang-orang ataupun suku-suku yang berbeda pula. Di daerah Mali misalnya, jimbe dipergunakan hanya pada malam hari untuk berbagai perayaan, misalnya menyambut bulan purnama, datangnya musim semi, musim panas, musim panen, musim dingin, perkawinan, pembaptisan dan lain sebagainya.




VUVUZELA
Vuvuzela merupakan alat musik khas afrika yang saat ini menjadi alat musik andalan di daerah Afrika, apalagi di saat perhelatan akbar Piala Dunia 2010 ini. Stadion – stadion pun menjadi ramai, riuh dan pastinya semakin membakar semangat para penonton, pemain dan pelatih. Alat Musik Khas Afrika Vuvuzela ini sering menjadi bahan omongan dan perdebatan / kontroversional. Vuvuzela adalah alat musik khas Afrika yang awalnya dibuat dari tanduk Antelop atau Kudu. Alat musik itu sering digunakan sebagai alat untuk mengumumkan upacara adat atau acara-acara meriah di Afrika Selatan. Espi-Sanchis menegaskan vuvuzela jika ditiup bersamaan dalam stadion bisa menghasilkan nada dan irama yang menawan.

Topik yang berkaitan



2 komentar:

  1. Wah ternyata unik-unik banget ya alat musik tradisional di afrika. :)

    BalasHapus
  2. PT. Bondor Indonesia

    Insulated Panel Systems have been supplied to various projects around the globe for over 30 years. With its Timber
    Free, CFC Free, Ozone Safe materials, the systems are able to help the users to save energy, time as well as money.
    In Indonesia, Bondor™ Insulated Panel Systems has been installed at more than 1,200 projects since 1995. To
    make sure that the product meet the International standards, PT. Bondor Indonesia has received ISO 9001 for Quality
    Management System in 2005.

    sandwich panel
    insulated panel
    cold storage
    room storage

    BalasHapus

Terimakasih Atas Komentar yang Sopan dan Membangun. Silakan Copy dengan menyertakan blog sumber.