Gambar Saringan Air

Gambar 1
Pada postingan ini saya akan berbagi pengalaman tentang saringan air, berdasarkan pengalaman kost di tempat kost yang masih pake sumur, dan airnya kelihatan keruh. Memang sih hanya untuk keperluan mandi dan cuci, tuk keperluan air untuk konsumsi kita beli yang galonan. Air yang keruh mungkin bercampur dengan tanah atau lumpur atau hal lainnya, membuat air sumur tersebut, tidak bisa dipakai untuk nyuci pakaian apalagi berwana putih. Saringan sebelumnya dipakai sangat sederhana, yaitu dengan 4 lapisan penyaring seperti Gambar 1. Hanya dengan batu, pasir halus, ijuk dan kerikil kasar yang disusun dalam sebuah ember. Dengan saringan tersebut hasilnya memang kelihatan lebih bersih dari air sumur aslinya. Tapi dengan mata telanjang air tersebut masih kurang bersih.

Tidak puas dengan hasil tersebut, maka kami coba merancang sebuah saringan baru, dimulai dari mbah google. Setelah ketemu contoh, maka dimulai pengadaan bahan. Bahan-bahan yang digunakan yaitu :
  1. Drum Plastik
  2. Kerikil Kasar dan Halus
  3. Pasir Kasar dan Halus
  4. Ijuk
  5. Arang
Bahan tersebut sebagian dapat dari beli, sebagian minta dari tetangga yang lagi bangun rumah.. :) Susunannya seperti gambar 2.

Gambar. 2
Dengan lapisan saringan seperti pada gambar tersebut, air yang dihasilkan cukup jernih dengan penglihatan mata, dan aroma lumpur atau tanah sudah menghilang. Masalah bebas kuman atau higienis atau apalah yang bersifat istilah kesehatan itu kurang tau pasti, karena kami hanya pergunakan untuk cuci dan mandi. lagian tuk urusan mandi kita pake sabun mandi yang ada pembunuh kuman-nya....:P  Beberapa masalah lain yang muncul adalah pada kurun waktu 3-4 minggu, debit air semakin kecil. Maka harus dilakukan pembersihan saringan secara rutin. Pembersihan saringan juga penggantian lapisan saringan misalnya pasir dan arang. Kedepannya kalo ada dana mungkin bisa buat saringan komplete yang pake infrared, trus reverse osmosis atau apalah saringan modern yang ada sekarang... hehe..

Topik yang berkaitan



3 komentar:

  1. Ayo mari sini join dan daftarkan diri anda bersama kami BandarJudiQQ, Situs Poker dan Domino Terhebat
    BandarJudiQQ →→ https://goo.gl/S4ETMA

    Minimal Deposit & Withdraw IDR 15.000
    Bonus TurnOver 0.3 % - 0.5 %
    Bonus Referral 20 %
    Dan mainkan ke 8 Game Hanya dengan 1 ID

    Tunggu apalagi ayo segera join BandarJudiQQ
    Register : https://goo.gl/S4ETMA

    Kunjungi juga fanpage kami yahh https://goo.gl/QAZniQ

    Bila anda mempunyai pertanyaan langsung saja hubungi kami via :
    LiveChat : https://goo.gl/noSSC9
    BBM : 336057ED
    YM : bandarjudiqq@yahoo.com
    Twitter :@bandarjudiqq

    BalasHapus

Terimakasih Atas Komentar yang Sopan dan Membangun. Silakan Copy dengan menyertakan blog sumber.