Resistor


Posting kali ini tentang resistor. Pada pelajaran SMP atau SMK teknik atau bagi yang masuk smk teknik, resistor bukanlah hal langka, mungkin paling sering di jumpai.
Resistor adalah komponen dasar elektronika dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir. Resistor selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karena bisa berfungsi sebagai pengatur atau untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Dengan resistor, arus listrik dapat didistribusikan sesuai dengan kebutuhan. Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. Satuan resistansi dari suatu resistor disebut Ohm atau dilambangkan dengan simbol Ω (Omega).

Resistor bekerja berdasarkan hukum Ohm:

V = I.R

Dimana :
I
adalah arus listrik yang mengalir pada suatu penghantar dalam satuan Ampere.
V
adalah tegangan listrik yang terdapat pada kedua ujung penghantar dalam satuan volt.
R
adalah nilai hambatan listrik (resistansi) yang terdapat pada suatu penghantar dalam satuan ohm.
Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam komponen dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium). Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, desah listrik, dan induktansi. Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit cetak, bahkan sirkuit terpadu. Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, kebutuhan daya resistor harus cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan arus rangkaian agar tidak terbakar.

Simbol umum resistor

Resistor Tetap


Resistor Variabel


Resistor Tetap


Resistor Variabel




Topik yang berkaitan



1 komentar:

  1. wah, tambah gaul aja dan blognya semakin menarik lagi... ^_^

    #comment back ya hihiihihih :)

    BalasHapus

Terimakasih Atas Komentar yang Sopan dan Membangun. Silakan Copy dengan menyertakan blog sumber.